RAM dan ROM

RAM (Random Acces Memory) dan ROM (Read Only Memory) ialah sistem memori pada komputer dan smartphone. Keduanya memiliki cara kerja dan fungsi berbeda, meski begitu keduanya sama-sama berfungsi sebagai penyimpanan data.

RAM

Dari beberapa artikel yang admin baca, RAM adalah sistem memori yang mampu mencadangkan semua data dalam jangka waktu tertentu. RAM dapat menyimpan data tanpa harus menggunakan daya lantaran terhubung dengan program sistem komputer.

Namun, meski demikian RAM juga disebut dengan memori jangka pendek. Karena setelah kehilangan daya, semua data akan menghilang. RAM dibagi menjadi dua jenis, yaitu Dynamic Random Acces Memory (DRAM) dan Synchoronus Random Acces Memory (SRAM).

ROM

Sementara ROM, memiliki kemampuan untuk menyimpan data secara permanen. Ketika sumber dayanya mati, ROM tidak akan kehilangan data, karena dijalankan dan ditopang oleh sebuah baterai yang terpasang pada motherboard. ROM memiliki fungsi utama untuk melakukan input dan output data, serta memegang kendali atas program perangkat lunak.

Pada umumnya ROM berbentuk chip, terpasang di motherboard atau papan sirkuit. Tujuannya untuk mengatur input dan output dari sistem manajemen data dasar, serta membaca dan menulis ke perangkat. ROM menyediakan instruksi dasar yang diperlukan mesin tentang cara perangkat saling terkoneksi antar komponen. ROM biasanya digunakan sebagai penyimpanan data Firmware.

loading...