Bagi sebagian petani yang menanam Sengon atau Albasia, tentunya mendapatkan bibit dengan cara membeli kepada penjual bibit. Namun alangkah baiknya teknik pembibitan pun dikuasai oleh para petani, karena selain menambah ilmu, tentunya kualitas pohon yang nantinya dihasilkan lebih terjamin, karena berasal dari bibit yang jelas dan diketahui asal usulnya.

Ada beberapa jenis bibit albasia/sengon yang beredar di pasaran, diantaranya adalah bibit sengon putih, sengon merah, sengon laut dan sengon solomon dengan beberapa kelas bibit diantaranya adalah F1, F2, F3 dan F4. Kelas bibit disini diartikan sebagai turunan yang mana F1 itu adalah indukan dan F2 itu anakan dari indukan F1 dan seterusnya.

benih solomonDipasaran bibit Sengon Solomon F1 berkisar 2jt rupiah per seratus gram dengan isi kurang lebih sekitar 5000 benih, dibanding kan dengan sengon lokal yang harganya sekitar 100rb per seratus gramnya. mahalnya harga bibit Sengon F1 ini bukan tanpa sebab, karena bibit sengon F1 ini berasal langsung dari kepulauan solomon, yang memang terdapat indukan Sengon yang berusia ratusan tahun, sehingga bibit Sengon Solomon F1 ini dapat tumbuh dengan cepat dibandingkan bibit sengon lokal.

Sebagai gambaran, Sengon Solomon F1 ini sudah dapat dipanen ketika usia tanam mencapai 3 - 4 tahun dengan diameter batang mencapai 25cm - 30cm yang artinya lingkar batangnya sudah mencapai 75cm - 90cm yang tentunya sudah masuk kedalam kategori kayu Log yg harganya lumayan mahal. Dibandingkan dengan Sengon Lokal yang baru dapat dipanen sekitar 6 - 7 tahun dengan ukuran diameter dan lingkar batang yang sama.

 

Dibawah ini admin coba berceloteh pengetahuan tentang teknik pembibitan berdasarkan pengalaman admin sewaktu melakukan pembibitan Sengon F1 langsung di lapangan.

 

PERSIAPAN BENIH

  • Gunakan Benih Berkualitas Bagus, Usahakan Menggunakan Sengon F1, Ciri ciri benih Sengon F1 adalah bentuk bijinya yang besar besar, dengan panjang biji minimal 1 cm, jika panjang benih rata-rata dibawah 1 Cm, sudah dipastikan jika benih tersebut bukan benih Sengon F1.

 perbedaan sengon lokal dan solomon

 

PROSES MENJADIKAN KECAMBAH

  • Rendam Benih Dalam Air Hangat 50 derajat celcius dan biarkan sampai airnya dingin sendiri selama 12 Jam. disarankan untuk tidak menggunakan air panas langsung, karna akan merusak jaringan kecambah didalamnya. dan Juga tempat perendaman usahakan dalam wadah berbahan alumunium.
  • Setelah itu angkat dan kemudian tiriskan.
  • Bungkus Benih menggunakan Lap Kain Bersih Basah dan diamkan selama 24 Jam.

 

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Media tanam yang baik untuk pembibitan Sengon adalah dengan menggunakan komposisi :

  1. Pupuk Kandang
  2. Pupuk Kompos
  3. Tanah Kering
  4. Sekam Padi Bakar

Perbandingan komposisi diatas adalah 1:1:1:1

Dan tidak lupa sediakan juga polibag ukuran 10/15 atau jika tidak ada bisa menggunakan ukuran 12/20. Jika polibag yang kalian beli belum ada lubangnya, maka kalian wajib melubangi polibag tersebut di bagian bawah dan samping polibag tersebut agar sirkulasi air resapan dapat berjalan nantinya.

loading...